Sabtu, 16 April 2016

Komunikasi Publik dan Massa





1.  Pengertian komunikasi Publik
Komunikasi publik merupakan suatu komunikasi yang dilakukan di depan banyak orang. Dalam komunikasi publik pesan yang disampaikan dapat berupa suatu informasi, ajakan, gagasan.
Sarananya, bisa media massa, bisa pula melalui orasi pada rapat umum atau aksi demonstrasi, blog, situs jejaring sosial, kolom komentar di website/blog, e-mail, milis, SMS, surat, surat pembaca, reklame, spanduk, atau apa pun yang bisa menjangkau publik.
Komunikasi Publik memerlukan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien.
Komunikasi publik sering juga disebut dengan komunikasi massa. Namun, komunikasi publik memiliki makna yang lebih luas dibanding dengan komunikasi massa

2.  Ciri-ciri Komunikasi Publik
v Umpan balik lambat (tertunda) dan sangat terbatas. Dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah lebih dapat teratasi
v Sifat penyebaran pesan yang berlangsung cepat dan serempak serta luas mampu mengatasi jarak dan waktu. Dapat bertahan lama bila didokumentasikan
v Dari segi ekonomi biaya untuk memproduksi komunikasi massa cukup mahal dan memerlukan dukungan tenaga kerja yang relatif banyak untuk mengelolanya
v Komunikasi publik cakupannya lebih luas dari komunikasi massa
v Komunikasi massa pengertiannya lebih spesifik. komunikasi melalui media massa
v Saluran komunikasi massa adalah media massa itu sendiri : surat kabar, majalah, web site, radio dan telivisi
v Komunikasi publik jangkauannya lebih luas : menggunakan media massa + e_mail, blog, jejaring sosial : fb, twitter, yahoo mesenger, sms hape, dan medium lain yang bisa menjangkau khalayak banyak /luas seperti aksi demo, seminar , diskusi dsb.

3.  Pengertian Komunikasi Massa
Komunikasi massa adalah suatu proses melalui mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarluaskan pesan-pesan secara luas dan terus menerus menciptakan makna-makna serta diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan beragam dengan melalui berbagai cara. (DeFleur & McQuail, 1985, McQuail, 2000).

4.  Ciri-ciri Komunikasi Massa
§     Ditujukan ke khalayak luas, heterogen, tersebar, anonim serta tidak mengenal batas geografis dan kultural.
§     Bersifat umum bukan perorangan.
§     Penyampaian pesan berjalan secara cepat dan mampu menjangkau khalayak yang luas dalam waktu yang relatif singkat (messages multiplier)
§     Penyampaian pesan cenderung berjalan satu arah.
§     Kegiatan komunikasi dilakukan secara terencana, terjadwal dan terorganisir.
§       Kegiatan komunikasi dilakukan secara berkala tidak bersifat temporer.
§       Isi pesan mencakup berbagai aspek kehidupan (sosial, ekonomi, politik, budaya, dll.)
§       Hubungan antara komunikator (biasanya media massa) dan komunikan (pemirsanya) tidak bersifat pribadi.
§       Khalayak variatif baik dari segi usia,agama, suku, pekerjaan maupun dari segi kebutuhan
§       Sumber dan penerima dihubungakan oleh saluran yang diproses secara mekanik
§       Sumber merupakan suatu lembaga atau institusi

5.  Fungsi komunikasi massa
Menurut dominic (2001), fungsi komunikasi massa adalah
*    Surveillance ( pengawasan)
*    Interpretation (penafsiran)
*    Linkage (keterkaitan)
*    Transmission of values (penyebaran nilai)
*    Entertaiment ( hiburan)

Fungsi komunikasi massa terpopuler tercantum dalam UU No.40/1999 tentang pers, yaitu:
*    Menyampaikan informasi (to inform)
*    Mendidik (to educate)
*    Menghibur ( to entertain)

*    Melakukan pengawasan sosial (social control) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar