1. Pengertian
komunikasi Publik
Komunikasi publik merupakan suatu komunikasi yang dilakukan di depan
banyak orang. Dalam komunikasi publik pesan yang disampaikan dapat berupa suatu
informasi, ajakan, gagasan.
Sarananya, bisa media massa, bisa pula melalui orasi pada rapat umum atau
aksi demonstrasi, blog, situs jejaring sosial, kolom komentar di website/blog,
e-mail, milis, SMS, surat, surat pembaca, reklame, spanduk, atau apa pun yang
bisa menjangkau publik.
Komunikasi Publik memerlukan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan
agar pesan dapat disampaikan secara efektif dan efisien.
Komunikasi publik sering juga disebut dengan komunikasi massa. Namun,
komunikasi publik memiliki makna yang lebih luas dibanding dengan komunikasi
massa
2. Ciri-ciri
Komunikasi Publik
v Umpan balik lambat (tertunda) dan sangat terbatas. Dengan kemajuan teknologi,
saat ini sudah lebih dapat teratasi
v Sifat penyebaran pesan yang berlangsung cepat dan serempak serta luas
mampu mengatasi jarak dan waktu. Dapat bertahan lama bila didokumentasikan
v Dari segi ekonomi biaya untuk memproduksi komunikasi massa cukup mahal dan
memerlukan dukungan tenaga kerja yang relatif banyak untuk mengelolanya
v Komunikasi publik cakupannya lebih luas dari komunikasi massa
v Komunikasi massa pengertiannya lebih spesifik. komunikasi melalui media
massa
v Saluran komunikasi massa adalah media massa itu sendiri : surat kabar,
majalah, web site, radio dan telivisi
v Komunikasi publik jangkauannya lebih luas : menggunakan media massa +
e_mail, blog, jejaring sosial : fb, twitter, yahoo mesenger, sms hape, dan
medium lain yang bisa menjangkau khalayak banyak /luas seperti aksi demo,
seminar , diskusi dsb.
3. Pengertian
Komunikasi Massa
Komunikasi massa adalah suatu proses melalui mana komunikator-komunikator
menggunakan media untuk menyebarluaskan pesan-pesan secara luas dan terus
menerus menciptakan makna-makna serta diharapkan dapat mempengaruhi khalayak
yang besar dan beragam dengan melalui berbagai cara. (DeFleur & McQuail,
1985, McQuail, 2000).
4. Ciri-ciri
Komunikasi Massa
§
Ditujukan ke khalayak luas, heterogen,
tersebar, anonim serta tidak mengenal batas geografis dan kultural.
§
Bersifat umum bukan perorangan.
§
Penyampaian pesan berjalan secara
cepat dan mampu menjangkau khalayak yang luas dalam waktu yang relatif singkat
(messages multiplier)
§
Penyampaian pesan cenderung berjalan
satu arah.
§
Kegiatan komunikasi dilakukan secara
terencana, terjadwal dan terorganisir.
§
Kegiatan komunikasi dilakukan secara
berkala tidak bersifat temporer.
§
Isi pesan mencakup berbagai aspek
kehidupan (sosial, ekonomi, politik, budaya, dll.)
§
Hubungan antara komunikator
(biasanya media massa) dan komunikan (pemirsanya) tidak bersifat pribadi.
§
Khalayak variatif baik dari segi
usia,agama, suku, pekerjaan maupun dari segi kebutuhan
§
Sumber dan penerima dihubungakan
oleh saluran yang diproses secara mekanik
§
Sumber merupakan suatu lembaga atau
institusi
5. Fungsi
komunikasi massa
Menurut dominic (2001), fungsi komunikasi massa adalah
Surveillance ( pengawasan)
Interpretation (penafsiran)
Linkage (keterkaitan)
Transmission of values (penyebaran nilai)
Entertaiment ( hiburan)
Fungsi komunikasi massa terpopuler tercantum dalam
UU No.40/1999 tentang pers, yaitu:
Menyampaikan informasi (to inform)
Mendidik (to educate)
Menghibur ( to entertain)
Melakukan pengawasan sosial (social control)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar